Cara Merekam Game Dengan OBS Untuk Para Gamer

Cara Merekam Game Dengan OBS

OBS adalah aplikasi gratis untuk Windows, Mac, dan Linux yang dapat memungkinkan penggunanya untuk melakukan live streaming. Selain dapat melakukan live streaming, OBS juga dapat melakukan perekaman aktivitas layar termasuk merekam game. Untuk itu, berikut adalah cara merekam game dengan OBS untuk konten Youtube.

1. Mengunduh Aplikasi OBS

Bagi yang belum memiliki aplikasi OBS, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis tanpa perlu menggunakan crack. Untuk mengunduhnya, buka browser dan cari obs studio. Selanjutnya, klik pada hasil pencarian paling atas dan klik pada pilihan sistem operasi yang dimiliki. Misal jika laptop atau PC biasa, klik pada Windows.

Tunggu sampai selesai mengunduh kemudian buka aplikasinya yang sudah diunduh untuk dipasang. Klik Next sampai muncul tulisan aplikasi sudah terpasang. Jika sudah, buka aplikasi OBS dan akan muncul tampilan layar hitam. Hal ini karena ada beberapa item yang belum ditambah untuk dapat merekam game.

2. Menambahkan Game

Jika sudah memasang OBS, cara merekam game dengan OBS selanjutnya adalah dengan menambahkan game yang ingin direkam. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat menambahkan game ke dalam OBS untuk direkam. Untuk cara mudahnya adalah dengan mengklik tanda plus di bagian Sources. situs judi bola

Selanjutnya pilih Game Capture dan pastikan saat membuka OBS, game sudah dijalankan terlebih dahulu. Setelah memilih Game Capture, pada pilihan mode pilih capture specific windows. Kemudian pilih game yang ingin direkam, dan klik Ok. Jika ingin menambah facecam atau info lain sebagai penghias rekaman, alangkah lebih cepat jika menggunakan overlay OBS.

3. Menambahkan Audio Filter

Selain hanya menambah tampilan, audio juga sangat penting. Hal tersebut dikarenakan tanpa audio, gameplay yang direkam akan terasa sepi. Sebenarnya secara default, suara game akan langsung terdengar dalam rekaman gameplay selama desktop audio dihidupkan pada bagian audio mixer. Di bagian audio tersebut juga bisa ditambah efek suara untuk mic.

Caranya adalah dengan klik kanan pada Mic/Aux kemudian pilih Filter. Selanjutnya pilih ikon plus dan tambahkan efek suara yang diinginkan. Misalnya Noise Removal yang mana sangat berguna untuk menghilangkan suara yang mengganggu. Pilih Noise Removal kemudian klik close jika tidak ingin ada yang diatur lagi pada bagian tersebut.

4. Mengatur Kualitas Rekaman

Bagian ini juga tidak kalah penting untuk diperhatikan karena jika kualitas rekaman tidak diperhatikan yang ada malah PC atau laptop menjadi lag. Untuk itu, kualitas rekaman harus diatur sesuai dengan PC atau laptop supaya tidak memperberat kinerja PC saat sedang merekam sambil bermain. Cara untuk mengatasinya adalah dengan masuk ke Options di bagian kanan.

Kemudian masuk ke bagian Output dan pilih Simple pada Output Mode. Masuk ke bagian Recording, pada bagian Recording path, pilih lokasi yang diinginkan untuk merekam game. Berikutnya ke bagian Recording Quality, pilih High Quality, Medium File Size dan format MP4. Untuk encoder agar PC atau laptop tetap berjalan lancar pilih H.264 dan terakhir klik Ok.

5. Mulai Merekam Game

Langkah yang terakhir tentu saja merekam permainan dengan cara klik Start Recording. Jika sudah klik pada bagian tersebut, masuk ke gamenya dan jangan lupa untuk tidak menutup aplikasi OBS. Apabila sudah selesai merekam, kembali ke OBS dan klik Stop Recording. Para pemain juga dapat mengatur shortcut untuk mulai dan berhenti merekam.

Akhir-akhir ini banyak yang menggunakan aplikasi OBS untuk merekam layar dan melakukan live streaming. Selain itu, aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis melalui website resminya. Bagi yang belum bisa merekam game, cara merekam game dengan OBS di atas dapat membantu dan untuk membuat tampilan lebih menarik bisa menggunakan template overlay.

READ  Begini Cara Bermain Minecraft Multiplayer Jarak Jauh Dengan Mudah

About the author: Admin

Related Posts